Wavy Cursor Tail 10 Sumber : http://dickyz-blog.blogspot.com/2013/04/kumpulan-kursor-keren-untuk-blog.html#ixzz2iQEDr1ok Blogger Widgets blognya anie dzikriyah: penulisan pesan persuasif

Senin, 04 November 2013

penulisan pesan persuasif

PENULISAN PESAN-PESAN PERSUASIF


*       Perencanaan Pesan-pesan Persuasif

Persuasi merupakan suatu usaha mengubah sikap, kepercayaan atau tindakan audiens untuk mencapai suatu tujuan. Secara sederhana, persuasi yang efektif adalah kemampuan untuk menyampaikan suatu pesan dengan cara yang membuat audiens (pembaca atau pendengar) merasa mempunyai pilihan dan membuatnya mereka setuju.

ü  Anilisis Audiens
Untuk siap melakukan persuasi mungkin diperlukan waktu cukup lama, bukan saja mingguan bahkan bulanan. Mengapa? Karena setiap orang mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda dan setiap orang akan merespons setiap pesan yang disampaikan secara berbeda pula.
ü  Pertimabang Perbedaan Budaya
Pemahanan anda terhadap perbedaan budaya yang ada bukan saja akan membantu anda dalam memuaskan kebutuhan audiens, tetapi juga akan membantu bagaimana mereka memandang anda.
ü  Memilih Pendekatan Organisasinal
Sebagaimana dengan penyampaian pesan-pesan rutin dan bad-news, anda perlu memilih pendekatan organisasional yang tepat berdasarkan kemungkinan reaksi audiens terhadap pesan yang anda sampaikan. Hakikat persuasi adalah untuk meyakinkan audiens anda atau mengubah sikap, kepercayaan atau tindakan mereka.

*      Mengembangkan Pesan-pesan Persuasif

Persuasi yang efektif mencakup empat komponen penting, yaitu menetapkan kredibilitas, membuat kerangka argumentasi audiens, menghubungkan audiens dengan hal-hal yang logis, dan memperkuat posisi anda dengan penggunaan bahasa yang baik dan tepat.

ü  Menetapkan Kredibilitas
Salah satu cara untuk menumbuhkan kredibilitas seseorang adalah melalui fakta. Semua bentuk dokumen, statistik, jaminan, dan hasil riset merupakan bukti objektif yang dapat mendukung kredibilitas anda.
Cara-cara lain utuk menambah kredibilitas antara lain: jadilah seorang yang ahli (pakar) dalam bidang tertentu, antusias terhadap materi yang disampaikan, objektif dalam melakukan penilaian sesuatu, sikap hormat dapat membantu memfokuskan kebutuhan audiens, dsb.

ü  Kerangka Argumentasi
Ketika telah cukup mengumpulkan berbagai fakta, bukti dan temuan lainnya, Anda telah siap untuk membuat kerangka argumentasi. Kebanyakan pesan-pesan persuasif mengikuti rencana organisasional AIDA (Attention, Interest, Desire, Action).

a.     Attention (perhatian)
Pada fase ini, anda harus dapat meyakinkan audiens segera di bagian permulaan bahwa Anda mempunyai sesuatu yang berguna untuk Anda sampaikan.

b.    Interest (minat)
Pada fase ini, Anda menjelaskan relavansi pesan-pesan Anda dengan audiens. Kembangkan pernyataan yang telah disampaikan pada fase pertama dengan agak rinci.

c.    Desire (hasrat)
Pada fase ini, anda membuat audiens untuk mengubah keinginannya denag menjelaskan bagaimana perubahan yang dilakukan dapat memberikan manfaat yang lebih baik bagi audiens.

d.    Action (tindakan)
Pada fase ini, Anda menyarankan tindakan spesifik yang anda inginkan terhadap audiens. Selanjutnya, perlu diingat kembali bagaimana audiens akan memperoleh manfaat dari tindakan yang akan dilakukan tersebut. Yang lebih penting adalah bagaiman mempermudah audiens untuk tindakan tersebut.

ü  Memilih Daya Pemikat
Kebanyakan pesan-pesan menggunakan daya pemikat dengan logika (logical appeals) dan daya pemikat yang emosional (emotional appeals) untuk melakukan persuasi audiens.
§  Pemikat Emosional
Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan atau memilih kata-kata yang sangat berpengaruh pada emosi seseorang, misalnya kebebasan, merdeka, nilai , penghargaan, kenyamanan dan keamanan.
§  Pemikat Logika
Ketika Anda memikat logika audiens, gunakan salah satu dari tiga jenis alasan berikut ini:

Analogi
Analogi adalah menggunakan suatu alasan dari bukti-bukti spesifik menuju bukti-bukti spesifik pula. Untuk melakukan persuasi kepada karyawan agar mau menghadiri  sesi perencanaan, Anda dapat menggunakan suatu analogi pertemuan komunitas, dengan membandingkan perusahaan Anda dengan komunitas kecil tempat karyawan Anda memberikan nilai  bagi anggota komunitas tersebut.

Induksi
Induksi (induction) adalah memberikan alasan dari bukti-bukti spesifik menuju kesimpulan umum. Untuk meyakinkan pelanggan potensial bahwa produk Anda adalah yang terbaik, Anda dapat melaporkan hasil tes pasar yang memprlihatkan bahwa oranglebih menyenangi produk Anda dibandingkan yang lain.

Deduksi
Deduksi (deduction) adalah pemberian alasan dari yang bersifat umum untuk kesimpulan yang spesifik. Untuk melakukan persuasi kepada pimpinan Anda dalam merekrut karyawan baru., Anda dapat menjelaskan dari proyeksi industri yang dapat meningkatkan produk dalam empat bulan ke depan.

§  Pertimbangan Etika
Dalam pemahaman yang positif, persuasi dapat digunakan untuk mmempengaruhi audiens dengan memberikan informasi dan menambah pemahan mereka dalam berbagai hal. Pelaku bisnis secara etis menginformasikan kepada para pelanggan yang berkaitan dengan manfaat ide, organisasi, produk, atau tindakan tertentu yang dapat memenuhi kebutuhan mereka.

*      Menulis Perintaan Persuasi

Dalam membuat suatu permintaan persuasif perlu perhatian khusus terhadap manfaat yang didapat baik secara langsung ataupun tak langsung dalam memenuhi permintaan tersebut.

Permintaan Persuasif untuk Tindakan
Apabila anda sudah betul-betul yakin bahwa pesan-pesan yang ingin anda sampaikan relevan dengan pembaca Anda, akhiri tulisan Anda dengan suatu permintaan atau permohonan tindakan spesifik.

Permintaan dan Pengaduan persuasif untuk Penyesuaian
Kebanyakan surat pengaduan (calim letter) dimulai dengan penyampaian pesan-pesan rutin. Namun demikian, Anda juga dapat menuliskan surat pengaduan persuasif dengan menambahkan bukti tambahan dan menggunakan teknik yang lebih menarik perhatian pembaca.

*      Penulisan Pesan-pesan Penjualan dan Permohonan Dana

Ada dua jenis pesan-pesan persuasif, yaitu surat penjualan (sales letter) dan surat permohonan bantuan dana (fundraising letters). Pesan-pesan ini meliputi brosur, formulir jawaban, atau surat-surat khusus lainnya. Penulisan surat tersebut memerlukan ketrampilan tulis-menulis yang cukup tinggi.
o   Perencanaan Pesan-pesan Penjualan
o   Pengorganisian dan Komposisi Pesan-pesan Penjualan
v  Menarik Perhatian
v  Membangun minat
v  Meningkatkan Hasrat
v  Memotivasi Tindakan
o  Perencanaan Pesan-pesan Permohonan Bantuan Dana
v  Anda harus mampu menjelaskan kebutuhan secara spesifik
v  Tunjukkan kepada pembaca bahwa betapa pentingnya donasi yang Anda sumbangkan kepada pihak lain.
v  Kemukakan secara jelas betapa jumlah donasi yang dibutuhkan
v  Jelaskan manfaat atau kegunaan donasi yang telah diberikan pembaca.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar