PENULISAN
BAD NEWS

Ketika
memberikan tanggapan atas keluhan pelanggan, mengomunikasikan permasalahan
tentang pesanan, atau memberitahukan perubahan kebijakan perusahaan yang dapat
mempengaruhi citra organisasi bisnis secara negatif, ada tiga hal yang perlu
diperhatikan, yaitu (1) penyampaian Bad News, (2) penerimaan pesan tersebut,
(3) menjaga Goodwiil sebaik mungkin dengan audiens. Disamping itu, perlu juga
dijaga citra organisasi/perusahaan sebaik mungkin.
ü
Menciptakan
Audience-Centered Tone
Nada atau
intonasi anda dalam menyampaikan bad-news
mampu memberikan kontribusi yang cukup penting bagi efektifitas penyampaian
pesan-pesan bisnis. Hal tersebut mempunyai tiga tujuan spesifik:
·
Membantu
audiens anda mengerti bahwa bad-news menggambarkan keputusan yang tegas;
·
Membantu
audiens anda mengerti bahwa keputusan anda adil;
·
Membantu
audiens agar tetap memberikan goodwill bagi perusahaan.
ü
Memilih
Perencanaan Organisasional
Ada
dua perencanaan organisasional yang dapat diterapkan dalam menyampaikan
pesan-pesan yang kurang menyenangkan bagi audiens (bad-news), yaitu pendekatan tak langsung (indirect approach) dan
pendekatan langsung (direct approach).
a.
Pendekatan
tak Langsung
Pendekatan
Tak Langsung (indirect approach) merupakan pendekatan yang paling familier atau
lazim digunakan untuk penulisan pesan-pesan yang mempunyai dampak kurang
menyenangkan kepada audiens (bad-news).
Dalam
Pendekatan Tak Langsung terdapat 4 bagian penting, yaitu (1) pembuka, (2)
alasan pendukung untuk keputusan-keputusan negatif, (3) pernyataan bad-news,
dan (40 penutup yang positif dan bersahabat
b. Pendekatan
langsung
Walaupun relatif jarang
digunakan, pendekatan ini memiliki suatu
keuntungan yaitu audiens hanya memerlukan waktu yang relatif singkat untuk
sampai pada ide pokoknya yaitu bad-news.
Suatu pendekatan langsung dapat
diterapkan jika:
·
Penerima
pesan lebih menyukai pesan langsung ke poin yang di tuju.
·
Pesan
tersebut mempunyai pengaruh yang kecil terhadap si penerima pesan.
·
Pesan
disampaikan secara empati.

Dalam dunia
bisnis, sering kali memberikan jawaban langsung sebagai bentuk penolakan, atau
ketidaksetujuan terhadap sesuatu, menjadi hambatan dalam berkomunikasi.
ü Bad-Newss tentang Produk
Bad-news
berkaitan dengan produk antara lain kenaikan harga produk, penarikan kembali
produk, kadaluarsa produk, produk rusak atau cacat. Bagi pelanggan, Bad-news
tentang produk tentunya memberikan dampak negatif bagi mereka. Oleh karena itu,
penyampaian Bad-news tentang produk perlu mempertimbangkan dampak negatif yang
ditimbulkannnya.
ü Penolakan Kerja Sama
Dalam dunia bisnis, menjalin kerja sama dengan
pelaku bisnis lain merupakan hal yang seharusnya dilakukan untuk lebih
memperkuat jaringan pemasaran suatu perusahaan. Namun, dalam praktiknya bisa
saja terjadi suatu penolakan kerja sama bilamana bentuk kerjasamanya merugikan
di pihak lain.
ü Penolakan Undangan
Bila harus mengatakan “tidak” atas suatu undangan
teman bisnis, anda dapat menggunakan pendekatan langsung dan pendekatan tak
langsung. Penggunaan kedua pendekatan tersebut sangat bergantung pada seberapa
dekat hubungan anda dengan pihak lain.

Ketika anda
ingin menyampaikan pesan bad-news kepada pelanggan atau calon pelanggan anda,
perlu diperhatikan bagaimana menjaga pembaca Anda tetap merasa baik dan dapat
meneruskan hubungan bisnis di kemudian hari. Oleh karena itu, ada tiga hal yang
perlu mendapat perhatian.
1.
Tetap
bekerja sebaik mungkin menuju kepada terwujudnya suatu penjualan ulang (resale)
2.
Tetap
menjaga instruksi atau informasi tambahan sejelas mungkin.
3.
Tetap
optimis, percaya diri sehingga pembaca Anda tidak kehilangan minat.
ü Bad-news Tentang pesanan
Ada beberapa alasan
mengapa perusahaan menyampaikan pesan-pesan bad-news tentang pesanan (order).
Dalam kaitannya dengan penulisan bad-news kepada pelanggan (customers), paling
tidak ada jenis bad-news yang bisa disampaikan kepada pelanggan Anda, yaitu:
§ Anda hanya dapat
memnuhi sebagaian produk yang dipesan, atau
§ Anda sama sekali
tudak dapat memenuhi semua produk pesanan tersebut.
ü Penolakan Surat Pengaduan dan Keluhan
Secara umum,
untuk menjawab penolakan surat pengaduan, Anda dapat menggunakan perencanaan
organisasional pesan dengan pendekatan tak langsung, yang menyatakan penolakan
tersebut pada bagian pertengahan surat.
ü Mengganti Produk
Seorang pelanggan dapat saja meminta atau rumusan
suatu produk yang baru saja habis terjual atau produk yang sudah tidak
diproduksi lagi. Apabila merasa yakin bahwa pelanggan dapat menyetujui produk
pengganti, anda dapat mengirim produk pengganti terhadap tersebut pelanggan.
ü Tidak Memenuhi Pesanan
Kadang kala anda
tidak dapat memenuhi pesanan baik sebagian maupun dengan produk pengganti
(unfillable orders). Apabila hal ini terjadi, tugas anda adalah menyatakan
secara tegas bahwa anda tidak dapat memenuhi pesanan dari pelanggan anda.
Pendekatan yang dapat diterapkan adalah pendekatan tak langsung. Salah satu
cara untuk menjaga kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan anda adalah
membantu pelanggan dengan memberikan informasi dimana suatu produk dapat
diperoleh.

Para manajer
sering kali dihadapkan pada suatu keputusan yang tidak menguntungkan bila harus
menyampaikan bad-news kepada para karyawannya.
ü Penolakan Menulis Surat Rekomendasi
Bagaimana anda
menulis surat penolakan untuk menulis surat rekomendasi (recomendation letter)?
Pada prinsipnya, penulisan surat penolakan atas surat rekomendasi dapat dilakukan
dengan pendekatan langsung dan tak langsung. Hal-hal yang perlu diperhatikan
dalam penulisan penolakan surat rekomendasi adalah kemukakan apa alasan atas
penolakan tersebut, dan nyatakan secara ringkas serta jelas.
ü Penolakan Lamaran Kerja
Untuk memberikan
jawaban surat lamaran kerja yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan,
pendekatan langsung dapat digunakan. Namun untuk menolak surat lamaran kerja
yang tidak memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, dapat digunakan
pendekatan tidak langsung.
ü Surat penolakan Kredit
Surat penolakan
kredit oleh suatu organisasi dapat disebabkan oleh berbagai alasan, baik yang
berkaitan dengan persyaratan administrasi yang tidak lengkap, tujuan kredit
yang tidak sesuai dengan kebijakan organisasi, maupun karakteristik atau kanduite
peminjam yang kurang baik.
KESAKSIAN LUAR BIASA BAGAIMANA SAYA MENDAPATKAN PINJAMAN SAYA Saya memiliki pesan yang sangat penting untuk dibagikan kepada semua orang yang membutuhkan pinjaman dari pemberi pinjaman yang sah. Saya senang berbagi catatan ini dengan semua orang setelah apa yang saya dan istri saya alami di tangan beberapa penjahat menyedihkan yang mengaku menawarkan semacam pinjaman. Sangat sulit untuk mendapatkan pemberi pinjaman yang sah dan terima kasih kepada pemberi pinjaman Best Loan yang membantu saya dengan pinjaman tersebut, Hubungi mereka jika Anda membutuhkan pinjaman dan kembali untuk mengucapkan terima kasih nanti. Saya berjanji mereka tidak akan mengecewakan Anda. kontak Email:- (pedroloanss@gmail.com whatsapp +393510140339) Terima kasih.
BalasHapusNazgul William.